Arti Dibalik Piaggio Vespa Batik LX 125, Representasi Dua Warisan Budaya

Setelah meresmikan pabrik perakitan di Cikarang, Jawa Barat. PT Piaggio Indonesia juga turut memperkenalkan edisi spesial Vespa Batik pada akhir November lalu. Hingga akhirnya pada Selasa (14/12), kami berkesempatan untuk mengenal lebih dekat serta mengetahui makna dibalik Piaggio Vespa Batik Special Edition. Yang hanya ada di Indonesia saja untuk saat ini.

Motif Batik Tambal Jagad, Representasi Budaya Indonesia

Vespa Batik Special Edition sendiri merupakan wujud kreativitas PT Piaggio Indonesia bersama rumah desain batik premium Iwan Tirta Private Collection. Yang mengemban misi mulia untuk melestarikan warisan budaya melalui desain batik yang premium serta inovatif. Melalui proyek ini, merek Vespa terus menyelaraskan diri agar relevan dengan pasar lintas generasi.

 

GILA TOURING

Mengambil basis Vespa LX 125 dengan warna Green Relax yang ditambahkan top box, pola batik yang disematkan pada Vespa Batik Special Edition. Merupakan adaptasi dari pola tradisional “Tambal Jagad”. Pola tersebut memiliki makna filosofis yang mendalam dengan menggambarkan kolase berbagai pola batik tradisional. Terinspirasi dari ragam latar belakang dan budaya yang mewakili Indonesia sebagai negara kepulauan.

Desain pola yang melekat pada Vespa Batik dari paduan 7 pola tradisional yang melambangkan keragaman budaya dr Sabang s.d Merauke.

Dengan filosofi batik sebagai berikut:

  1. Sokowani – Sumatra (simbol pesona dan kharisma)
  2. Megamendung – Jawa Barat (simbol kemakmuran dan sumber kehidupan)
  3. Kawung – Jawa Tengah (simbol kepemimpinan dan kebijaksanaan)
  4. Perisai – Kalimantan (simbol perlindungan dan kegigihan)
  5. Poleng – Bali (simbol keseimbangan hidup)
  6. Tenun Ikat Menjangan – Area Nusa Tenggara (simbol penghormatan kepada leluhur)
  7. dan, Ayam Kasuari – Area Papua (simbol kekuatan dan umur panjang)
  8. Vespa Khas Indonesia, Untuk Indonesia

 

“Vespa Batik Special Edition adalah karya seni Italia dan Indonesia yang sesungguhnya, yang dipersembahkan bagi bangsa Indonesia. Untuk merayakan keberagaman budaya yang disatukan oleh perspektif warisan yang modern melalui Vespa dan desain Batik”. Ucap Marco Noto La Diega, Country Head PT Piaggio Indonesia menerangkan bahwa Vespa Batik merupakan representasi warisan Italia dan Indonesia.

“Kami berterima kasih atas dukungan para pelanggan setia di Indonesia dan pecinta gaya hidup premium sejak hari pertama kami hadir. Kami mempersembahkan Vespa Batik Special Edition yang terinspirasi, dirancang, dan dirakit di Indonesia untuk masyarakat Indonesia. Untuk semakin mengukuhkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, dan pada saat yang sama. Dengan bangga membawa dan merangkul konsep Vespa ‘Dari Indonesia Untuk Indonesia,” tutup Marco.

Dibanderol Rp 77 Juta on the road, Vespa Batik LX 125 ditawarkan satu set lengkap dengan Genuine Vespa Batik helmet  & Jaket Motor yang eksklusif serta top box. Vespa Batik yang keduanya memiliki warna dasar Green Relax disertai motif Tambal Jagad dari Iwan Tirta Private Collection. Eksklusif hanya ada di Indonesia loh untuk saat ini, jadi pilih ini, edisi Sean Wotherspoon, atau edisi Justin Bieber?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *