Touring Ujung Genteng : Dari Bandung Via Jalur Selatan Jawa Barat

Moto Vlog122 Views

Kali ini kita akan memberikan tips & trik untuk kamu yang akan melakukan perjalanan touring ke Ujung Genteng, khususnya dari Bandung atau dari Arah barat Ujung Genteng.

Jalur Ciwidey
Jalur Ciwidey

Perjalanan ini sekitar satu tahun silam, melalui jalur ciwidey (Perkebunan Teh) dari arah Bandung dan memakan waktu 2 hari, termasuk cepat karena idealnya 3 hari jika kamu trip ke ujung genteng.

Touring dua hari itu cape banget, istirahat hanya untuk tidur dan besok paginya melanjutkan perjalanan pulang ke Bandung lagi, sambil mampir kebeberapa lokasi di area Ciletuh Geopark.

Ada beberapa hal yang ingin kami informasikan melalui artikel ini buat kamu, agar perjalanan touring lebih mantap dan terencana.

Selain mengunjungi tempat-tempat yang Aduhai, persiapan sebelum perjalanan juga tidak kalah penting, berikut adalah sinopsisnya:

Persiapan Perjalanan

  1. Bawa Makanan & Minum Dari Rumah
    Kenapa harus bawa makanan dan minum dari rumah? ini sebenarnya kondisional, tapi penting karena kita akan melewati jalur yang jauh dari kota/ warung/ toko.Berangkat pagi akan sulit mendapatkan toko yang buka, terutama jika sudah masuk area pangalengan. 

    Oya, jadwal keberangkatan ini kita setting mulai jam 5.00 pagi ya, asumsi jam ini sudah berangkat, jadi sampai area pangalengan sekitar jam 6 atau 6.30

    Tentu lebih cepat, karena jalur belum banyak yang pakai.

    Bandung itu super macet jika sudah masuk jam 6+ maka kita siasati dengan brangkat lebih pagi.

  2. Bawa Baju Salin & Pakaian Dalam
    Pakaian ganti bawa beberapa set, selain karena durasi perjalanan yang perlu dua tiga hari, di area selatan kamu akan sering main dengan Air. 

    Jadi wajib bawa ganti beberapa set, agar tidak cuci pakai, basah terus pakai lagi. Ini Gak enak asli, 

    Bawa aja 4 Set baju ganti dan daleman, biar nyaman dan gak menghalangi kamu ketika mau main air di pantai.

  3. Perlengkapan Motor (Kunci-kunci)
    Untuk jaga-jaga, dibawa aja : siapatahu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misal seperti ban bocor atau jatuh, atau harus ada part yang di ganti.Biar tidak perlu nunggu teknisi, bisa kamu kerjakan sendiri.
  4. Ban dalam (Cadangan) atau Tambal Tubles
    Ban Cadangan, atau Tambal untuk ban tubles juga serta jarumnya. Perjalanan jalur selatan secara view memang eksotis, dan jalan pun bagus luar biasa.Tetapi kita tidak tahu apa yang terjadi di jalan tersebut, hal yang paling sering terjadi untuk pengendara dua biasanya ban bocor. 

    Jadi bawa Cadangan ini buat antisipasi.Jika repot, bisa beli di jalan atau mampir di bengkel terdekat. Atau siapkan beberapa hari sebelum keberangkatan.

  5. Wajib Uang Cash
    Jangan banyak berharap banyak ATM di jalur selatan, kamu hanya akan menemukan ATM ketika tiba di kota atau kecamatan yang ramai, di toko Alfa & Indomaret.Selebihnya, hanya jalur dan hutan belantara, jadi usahakan bawa Cash, karena para pedagang disana, terutama pinggiran pantai atau pinggir jalan raya. Hanya menerima Cash. 

    Beli Kelapa sambil istirahat, atau jajanan ringan sambil rebahan, itu gak pake debit card bro, pakai uang cash, jadi pastikan bawa yang cukup ya.

  6. Tas Motor atau Bagasi
    Tas untuk tambahan space bagasi ini penting banget, mengingat bawaan kamu selama beberapa hari kedepan akan banyak.Bisa jadi bawa oleh-oleh, makanan atau jajanan lain yang kamu temui selama perjalanan.Tapi disarankan tas yang bisa di tanam di Motor.Bukan tas yang di gendong, karena akan memberikan beban ke badan kamu dan kamu akan cape, ini tidak baik.
Jajanan Pantai
Jajanan Pantai – Cendol

Cendol pun rasanya Ueenak poll ketika kamu dalam perjalanan touring, es serut, es kelapa pake gula aren, atau manisan, rujak yang pedes asem-asem, bikin ngiler.

Rasanya naik 10x dibandingkan kamu beli depan rumah atau di pasar, gak tau kenapa bisa begitu 

Rehat Sejenak
Rehat Sejenak

Perlu waktu sekitar 12 jam untuk kamu sampai di Ujung Genteng, dengan kata lain seharian di jalan, pasti bosen dong kalau gitu-gitu aja atau diem di motor.

Atau maksain ngebut biar sampe lebih cepat, dijamin gak akan nyaman bro, plus resiko kecelakaan jadi tinggi karena ngebut itu sejatinya sangat berbahaya.

Touring itu tentang menikmati perjalanan, bukan cepet-cepetan sampai, Balapan itu namanay.

Sering-sering Mampir Ke Lokasi Baru

Jika kamu mendapati lokasi atau tempat yang belum pernah kamu tau, masuk lah, tengok sebentar, perlu bayar tiket juga gak seberapa, agar kamu tidak penasaran dan batin mu terpuaskan.

Belakangan banyak banget pantai yang di buka untuk umum, masing-masing punya keunggulan dan pesonanya, bahkan memang sudah di dukung oleh pemerintahan setempat.

Puncak Guha Garut
Puncak Guha Garut

Kapan lagi coba bisa bebas melakukan apa saja selain moment-moment ini, gas jangan jangan di kendorin.

Ada banyak lokasi yang bisa kamu kunjungi di jalur pantai selatan menuju ujung genteng, akan kami coba tuliskan di artikel ini buat refferensi kamu.

Biar makin rame juga tempat-tempat itu dan otomatis mengnkat kehidupan warga sekitar dari sektor pariwisata.

Jangan lupa share artikel ini ke grup atau teman kalian ya, dan salam kenal dari kami tim GILA TOURING, semoga ketemu suaatu saat nanti.

  1. Pantai Rancabuaya, Garut – Jl. Pantai Rancabuaya, Desa Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Garut, Jawa Barat Google Maps: https://goo.gl/maps/3i8TUC6aZXv9y7EWA
  2. Pantai Santolo, Garut – Jl. Raya Pantai Santolo, Desa Purbayani, Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat Google Maps: https://goo.gl/maps/k8VQWZd8DZgR6D4J6
  3. Pantai Karang Papak, Tasikmalaya – Desa Cikalong, Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat Google Maps: https://goo.gl/maps/Jbp2jCZBb9wpkWgH7
  4. Curug Cimarinjung, Ciamis – Jl. Cisurat, Desa Pasir Jambu, Kecamatan Cikoneng, Ciamis, Jawa Barat Google Maps: https://goo.gl/maps/xR92Kkye4gC9C96d6
  5. Pantai Pangandaran, Pangandaran – Jl. Pantai Barat, Pangandaran, Jawa Barat Google Maps: https://goo.gl/maps/KLZJFJf3xQtAZUrR8
  6. Pantai Batu Karas, Pangandaran – Jl. Lingkar Pantai Batu Karas, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat Google Maps: https://goo.gl/maps/EEf6QkGZBb8BDozPA
  7. Pantai Batu Hiu, Sukabumi – Jl. Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu, Desa Cibodas, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat Google Maps: https://goo.gl/maps/32MuvXuBd3Z9wNZo7
  8. Pantai Sawarna, Lebak – Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten Google Maps: https://goo.gl/maps/4LpomMxNn2xdm1uv5
  9. Pantai Cibuaya, Cilegon – Desa Cibuaya, Kecamatan Pulomerak, Cilegon, Banten Google Maps: https://goo.gl/maps/ATPFMeouHwXd4iYX8
  10. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi – Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat Google Maps: https://goo.gl/maps/n5MZxJz4bMnyKxnw9

10 Lokasi diatas mungkin yang harus kamu kunjungi, tapi beberapa offside ke area pangandaran dan batukaras, hihi. tapi paling tidak, tau lah ya.

 

See also  Budget Repaint Motor Ninja 250i, Ternyata Cuma Habis Segini!

Comment